Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memiliki misi antara lain untuk mendorong riset strategis dan/atau inovatif yang implementatif dan menciptakan nilai tambah melalui pendanaan riset, dalam upaya pengembangan dan penerapan riset di Indonesia.

Sebagai upaya untuk mewujudkan misi tersebut LPDP menyelenggarakan program pendanaan riset yang diberi nama, “Program Pendanaan Riset Pembangunan Indonesia”, (RPI). Salah satu program dari RPI adalah riset produktif (RISPRO). Bantuan Dana RISPRO bersifat multidisiplin dan dilaksanakan dalam tahun jamak (multiyears) yang ditujukan untuk mendorong inovasi produk riset dan mengarah pada komersialisasi/implementasi luaran riset. Tujuan bantuan dana ini agar dapat mendorong riset yang dapat meningkatkan daya saing bangsa dengan arah sebagai berikut:

1. Mengembangkan dan/atau menghasilkan produk;
2. Mengembangkan dan/atau menghasilkan kebijakan publik;
3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi;
4. Melestarikan nilai dan budaya bangsa; dan
5. Memberdayakan masyarakat.

JENIS-JENIS BANTUAN DANA RISPRO
Secara umum, bantuan dana RISPRO LPDP terdiri dari dua jenis, yaitu:
1. Bantuan Dana RISPRO Komersial
2. Bantuan Dana RISPRO Implementatif

Terkait dengan hal tersebut diatas maka saat ini Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menawarkan bantuan riset untuk periode BATCH 2 TAHUN 2016. Pendaftaran online tawaran bantuan dana RISPRO LPDP batch 2 tahun 2016 dimulai 1 Februari 2016 – 30 Juni 2016.

Untuk Informasi lebih lanjut, buka link terkait berikut.
1. Website LPDP ==> http://www.lpdp.kemenkeu.go.id
2. Informasi pendaftaran ==> http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/pendanaan-riset/kebijakan-pendanaan-riset/
3. Pengumuman ==> http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/pengumuman/
4. Pendaftaran Proposal RISPRO LPDP ==> http://www.rispro.lpdp.kemenkeu.go.id/
5. Panduan Pendanaan Riset Inovatif Produktif (RISPRO) dan Template Pendaftaran RISPRO ==> http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/pendanaan-riset/pendaftaran/