Visi  

Menjadikan UAD sebagai Universitas Riset (Research University) bertaraf nasional dan dikenal secara internasional, unggul, terpercaya, dan mandiri di bidang penelitian khususnya pada pengembangan, pemanfaatan IPTEKS dan kebudayaan bagi kesejahteraan umat manusia berbasiskan pada nilai-nilai kemanusiaan dan ke-Islaman.

Misi 

  1. Mewujudkan kemampuan dan kualitas dosen dalam kegiatan penelitian secara merata dan menyeluruh, serta menghasilkan karya untuk publikasi ilmiah, buku ajar, prototipe/ model, teknologi tepat guna, dan perolehan HKI(Paten/Desain Industri dll)
  2. Mengembangkan produk-produk penelitian unggulan agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat,
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian yang relevan dengan Renstra UAD, Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) DIY, dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional,
  4. Meningkatkan dan mewujudkan jalinan kerjasama internal dan eksternal, baik dengan instansi pemerintah maupun swasta untuk menunjang otonomi daerah dan pembangunan Nasional.
  5. Mewujudkan kemandirian lembaga melalui penelitian kelembagaan (institutional research)  yang berorientasi mutu dan kemampuan bersaing secara nasional dan internasional.